Yth.

1. Pimpinan Perguruan Tinggi Negeri
2. Koordinator Kopertis Wilayah I s.d XIV

Penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2018 telah dimulai dan segera kita akan melaksanakan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2018. PKKMB tahun ini berlangsung dalam suasana hangat karena adanya berita tentang terjadinya peristiwa-peristiwa radikalisme dan terorisme, karena itu maka PKKMB 2018 juga selayaknya menjadikan hasil rapat koordinasi nasional Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dengan para pimpinan perguruan tinggi negeri dan koordinator kopertis wilayah I s.d. XIV pada tanggal 25 Juni 2018 di Jakarta tentang penangkalan radikalisme di perguruan tinggi sebagai salah satu rujukan.

PKKMB bertujuan untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiswa baru dalam proses transisi menjadi mahasiswa, di dalamnya diisi dengan berbagai kegiatan yang terkait dengan penanaman wawasan kebangsaan/cinta tanah air/bela negara dan mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan kegiatan akademik, kegiatan kemahasiswaan serta kebijakan kampus sehingga dapat menjadi bekal untuk mendukung keberhasilan studinya di perguruan tinggi.

Pelaksanaan PKKMB merupakan tanggung jawab pimpinan perguruan tinggi, sedangkan unsur lainnya seperti dosen, tenaga kependidikan dan mahasiswa ikut membantu pelaksanaan kegiatan ini. Oleh karenanya implementasi PKKMB perlu diperkuat dengan peraturan internal perguruan tinggi agar terhindar dari pelanggaran tata tertib, norma, etika dan hukum.

Bersama ini kami sampaikan panduan PKKMB tahun 2018 untuk dijadikan pedoman bagi perguruan tinggi dalam melaksanakan program tersebut. Bagi para Koordinator Kopertis mohon dapat menyebarluaskan Panduan Umum PKKMB tahun 2018 ini kepada seluruh Perguruan Tinggi Swasta di wilayah masing-masing.

Atas perhatian dan kerja sama Saudara kami sampaikan terima kasih.

Jakarta, 4 Juli 2018
Plt. Direktur Jenderal,

Ttd

Intan Ahmad

Tembusan :
Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Lampiran :

  1. Edaran Dirjen Belmawa PKKMB 2018
  2. Panduan PKKMB 2018